Jurusan Berprospek Cerah 5 Tahun Mendatang

Banyak jurusan yang memiliki prospek baik di masa yang akan datang. Tentu saja kita sebaiknyan memi...


Banyak jurusan yang memiliki prospek baik di masa yang akan datang. Tentu saja kita sebaiknyan memilih jurusan-juran yang berprospek cerah tersebut. Itu kan menentukan masa depan anda. Karena memilih jurusan itu bukan seperti memilih baju yang bisa terus diganti baru jika kita tidak puas. Jurusan haruslah dipikirkan matang-matang. Dari segi ekonomi dan juga dari segi minat dan bakat anda. Kali ini yang dibahas adalah dari segi prospek di masa depan.

Sebelum lebih jauh, mungkin anda juga tertarik dengan artikel ini, yaitu Pekerjaan Berprospek Cerah dan Cepat Berkembang.

Meskipun memang jurusan-jurusan berikut sangat baik jika kita pilih. Namun, dalam pemilihan jurusan itu sebaiknya mengikuti minat dan bakat anda. Agar ketika kuliah tidak menjadi beban saat belajar. Misalnya bagi yang lemah hitungan tetapi masuk ke jurusan yang penuh hitungan. Tentu itu akan membuat anda sangat terbebani dalam menjalani kuliah.


Jangan terlalu mengikuti kemana "arus besar" berada, misalnya memilih Jurusan yang Paling Banyak Peminatnya. Selain itu memilih karena Jurusan yang Berprospek Gaji Tinggi. Ikuti saja minat dan bakat anda. Mungkin bagi yang berminat melanjutkan ke ke sekolah ikatan dinas bisa melihat artikel Beberapa Sekolah Ikatan Dinas

Berikut adalah jurusan-jurusan yang berprospek baik di 5 tahun mendatang :

1. Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan. Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi).jurusan2 itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Permintaan sangat besar. Gaji? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda. Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan ckup besar. Hanya saja lulusan tambang cukup besar, sekitr 2000 setiap tahun. Anda harus masuk 4 tambang pilihan yaitu Teknik Tambang ITB, Unsri, Trisakti, dan UPN 'V' Yogya untuk sedikit memberi kepastian masa depan. Setahu saya, Tambang ITB 50% sudah dipesan sebelum lulus. Cuma, kuliahnya berat banget. Di Geologi UGM ospeknya 1 semester. Tiap sabtu sore disuruh lari muter fakultas berkali-kali. Kuliah lapangan naik gunung dan ke pantai. Tapi pas lulus, tinggal nunggu email dari alumni. Gak perlu pusing2 cari kerjaan.

2. Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Hanya saja, penghasilan di kontraktor tidak terlalu besar. Setara dengan PNS golongan 4A.

3. Telekomunikasi. Dijamin, bidang Telkom sangat prospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang IT Telkom dan ITB. UI, UGM dan ITS juga cukup bagus.

4. Pemerintah mencanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. jika 1 PLTU berkapasitas 300 MW maka dibutuhkan 30 engineer pembangkitan maka akan ada lowongan untuk sekitar 1000 engineer pembangkitan dari jurusan Teknik Elektro konsentrasi Power, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Gaji besar.

5. PLTU bukan cuma operasi tapi juga konstruksi. Kerjaan lagi buat Elektro, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Teknik kimia juga terlibat.

6. Pengembangan Energi Terbaru butuh banyak insinyur.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) : Teknik Sipil
PLT Mikrohidro : Teknik Sipil, Teknik Fisika
PLT Matahari, Angin : Teknk Fisika dan Teknik Mesin
PLT Biodiesel dan Bioethanol : Teknologi Pertanian, Teknik Kimia
PLT Panas Bumi : All engineering
Ingat bidang energi : Gaji besar

7. Teknologi Informasi. Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer.

8. Petrokimia. Teknik Kimia masih terus berjaya. Yang direkomendasikan, UGM, ITB, UI, UNDIP, dan ITS.

9. Teknik Nuklir. Ingat, PLTN segera dibangun.

10. Bidang kedokteran. Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja dibutuhkan 2000 perawat Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi. Ini peluang yang bagus. Kebidanan?? Jangan salah, Setahu saya, tidak ada Bidan yang tidak kaya alias lebih dari cukup.

11. Jurusan-jurusan desain (Diskomvis, Interior, dll) Dijamin prospeknya bagus. yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan. terbaik masih di UK Petra Surabaya dan ISI Jogja. Tapi kabarnya ITB mulai menyusul.

12. Kartografi dan penginderaan jauh. Jangan meremehkan jurusan ini, diam2 jurusan ini punya prospek sangat bagus

13. Teknik Industri dan Teknologi Industri Pertanian. Kedua jurusan ini sebenarnya mirip. Kurikulum juga hampir sama. Keduanya masih sangat bagus prospeknya. Tapi, mereka bukan bagian exact engineering. Sangat bagus jika kemampuan komunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini. Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

edukasi 5658323362877947868

Post a Comment

  1. Wah, koreksi yaa.. Sekarang STT Telkom udah ganti nama jadi IT Telkom. Takutnya ada yang baca trus bingung gtu..
    Terimakasih..

    ReplyDelete
  2. Oke @petrisia , makasih atas koreksinya :)

    ReplyDelete
  3. Untuk yang IPS ga ada ya?

    ReplyDelete
  4. BIDAN ??? padahal kan sekarang banyak banget AKADEMI KEBIDANAN ??? gimana dong ??? .

    ReplyDelete
  5. mksh y, atz inf0ny, brmanfa't bgd t. . By rafi

    ReplyDelete
  6. semuanya jurusan IPA, kalau IPS ga ada ya???

    ReplyDelete
  7. hubungan internasional ga masuk ya ?
    kalo universitas brawijaya gimana?

    ReplyDelete
  8. Membantu sekali.. makasih ya :)

    ReplyDelete
  9. Kak . Aku mau konsultasi . Jurusan apa yang bagus untuk aku . Yang bagus luang pekerjaan untuk 10thn yang akan datang . Aku binggung . Aku mau masuk akbid tapi ada yang bilang akbid udah pada banyak . Jadi binggung sekarang mau masuk apa

    ReplyDelete
  10. aku suka bahasa,misalkan setiap perusahaan asing disini biasanya butuh humas,terutama prancis dan jerman yang sekarang relationshipnya lagi bagus untuk MNC,jadi apa prodi bahasa Asing termasuk bagus?

    ReplyDelete
  11. pilih jurusan sesuai sama passion kamu ya,jangan terlalu tergantung dengan "prospek", karena yang namanya prospek itu kita tidak akan tahu secara pasti, bidang teknologi yang dulu sangat tidak berprospek saja sekarang sedang mendunia.

    kalo kamu suka dengan jurusan tersebut, apapun itu jurusannya, kamu pasti akan enak menjalaninnya tanpa beban :)

    ReplyDelete
  12. melisha zhelianti13 February, 2013 10:22

    Kalo ips kak ap aja ya? Bntu doank

    ReplyDelete
  13. @melisha zhelianti : Kalo IPS sih yang "favorit" akuntansi, 2 saudara saya yang lulusan akuntansi sekarang penghasilannya lumayan loh, di atas rata-rata, tapi semuanya tergantung kamunya jg, jurusan yg laen juga sama bagusnya kok, manajemen, hukum, dll, asalkan kita bener-bener mendalami ilmunya :)

    ReplyDelete
  14. maaf kak.. mau konsultasi ..kalo t.geodesi ama t.geologi bagusan mana terus plus- minusnya gmana makasih..:)

    ReplyDelete
  15. kak aku kelas X mau tanya nih. aku pngen milih program IPS. dan pngen kul UI PSIKOLOGI. aku udah bingung sndiri. IPS itu 'katanya' ga akan bisa sukses TT bener ya? trs kok prospeknya banyak yg IPA sih? IPS g boleh ya sukses kaya IPA? mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  16. @anindya safira : Walah, jurusan semasa SMA ga pasti menjamin kita sukses atau tidak kedepannya kok.
    ya itu hanya berdasarkan analisa keadaan jaman sekarang saja, kalo masalah sukses atau tidak ya tergantung orangnya, gaji besar bukan berarti sukses bukan? :)

    ReplyDelete
  17. asalamualaiqum. . Misi gan mau nanya, kalau pertanian agroteknologi gimana. ?

    ReplyDelete
  18. klo menurut aku semua jurusan sama tergantung kitanya berkualitas apa gak,klo kita sudah berkualitas jelas perusahaan/intansi manapun akn melirik kita...saran saya jangan berfikiran buat nyari krj brfikirla buat bkin pkerjaan atau stidaknya bkrja pd diri sndiri,bkn krn aku mahasiswa ekonomi tp emg lbih baek klo jd pgusaha/entrepreneur.

    ReplyDelete
  19. teknik kimia emang prospeknya bagus.. Kuliahnya juga wow

    ReplyDelete
  20. makasih atas infox gan....



    ihwan-peacelove.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Mau tnya kak kira2 prospek yg bgus jurusan akbid atau analis kimia , please bls ya ka

    ReplyDelete
  22. Mau tnya kak kira2 prospek yg bgus jurusan akbid atau analis kimia , please bls ya ka

    ReplyDelete
  23. kalo jurusan kebidanan gimana?

    ReplyDelete
  24. aduh emang jurusn hukum kurang prospek yaa???tolong dong kasih info

    ReplyDelete
  25. kalau prospek buat anak sosial pap nih..? hmmm

    ReplyDelete
  26. Kalo buat pertambangan biasanya kalo cewek peluang kerjanya bagus nggak kak

    ReplyDelete
  27. Semangat buat yang lagi bingung milih jurusan :D
    Intinya tetep milih jurusan sesuai sama minat dan bakat, buat apa milih jurusan yang (katanya) berprospek kalau kita ga minat ke jurusan itu, ya kan?
    soalnya banyak kasus yang terjadi kayak gitu, pengennya masuk ke jurusan yang (katanya) berprospek, tapi ternyata dia ga minat ke situ, cuman ikut-ikutan, alhasil dia jadi males-malesan kuliah, bahkan bisa sampai berujung DO.
    Dan itu beneran terjadi loh, temen saya di kampus ada dan bisa dibilang banyak yang gitu.

    ReplyDelete
  28. kesuksesan di masa depan bukan tergantung dr jurusan n prospeknya tp trgntg dr pribdi yg menjalaninya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, memang tergantung minat & bakatnya kan, kalo ga gimana mau serius ngejalaninnya. :D

      Delete
  29. Jadi gini, milih jurusan yang (katanya) berprospek boleh, tapi tetep harus diimbangin dengan minat, bakat, dan keseriusan ngejalaninnya.

    Jadi ga serta merta kita jadi males-malesan "toh kita udah di jurusan yang (katanya) berprospek, ngapain serius kuliah". Kita ga bisa gitu juga, kalo ga serius percuma kita kuliah, cuman dapet capek, ga dapet apa-apa, ya emang sih dapet pengalaman :D

    ReplyDelete

To insert image or video : [img]image-link[/img] or [video]video-link[/video]

emo-but-icon

Archive

item